resin epoxy, resin epoksi, jasa epoxy lantai
  • Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

    Kantor Pemasaran
  • Resin epoxy adalah bahan polimer thermosetting yang telah berkembang dan banyak digunakan sebagai isolator untuk sistem tenaga listrik. Kelebihan dari bahan ini diantaranya kekuatan dielektrik yang tinggi, dapat dicampur dengan bahan aditif, ringan, serta penanganannya yang mudah jika dibandingkan dengan bahan isolasi porselen dan gelas.

    resin epoxy, resin epoksi, jasa epoxy lantai

     

     

    “Namun, masih ada kelemahannya karena punya sifat tolak airnya rendah dan permukaannya sangat sensitif terhadap penuaan sehingga mudah mengalami degradasi pada saat ada kontaminan di permukaannya,”papar Abdul Syakur pada ujian terbuka program Pascasarjana Fakultas Teknik UGM Yogyakarta, Sabtu (22/8).

    Di dalam disertasinya yang berjudul “Analisis Degradasi Permukaan Bahan Isolasi Resin Epoksi Berbahan Pengisi Campuran Silicon Rubber dan Silika Akibat Electrical Tracking,” Syakur menjelaskan, penelitian ini menggunakan bahan isolasi resin epoksi yang dibuat pada temperatur ruang, dengan komposisi perbandingan antara resin epoxy DGEBA dan bahan pengeras MPDA 1:1, bahan pengisi campuran silicon rubber (SiR) dan pasir silika 325 mesh dengan komposisi 10% (RTV21), 20% (RTV22), 30% (RTV23). 40% (RTV24), dan 50% (RTV25).

     

    “Penelitian sebelumnya menunjukkan bahan epoksi resin berbahan pengisi silicon rubber dan silika layak untuk digunakan sebagai bahan isolator tegangan tinggi dengan komposisi yang tepat setelah melalui pengamatan kondisi sebelum dan sesudah mengalami penuaan alamiah dan buatan dengan sinar ultraviolet,”ungkap dosen Teknik Elektro UNDIP tersebut.

    Hasil penelatian Syakur menunjukkan, bahwa sudut kontak bahan isolasi resin epoxy meningkat dengan bertambahnya pengisi pasir silika dan silicon rubber. Hasil pengukuran tahanan permukaan bahan resin epoxy secara umu meningkat dengan bertambahnya bahan pengisi silicon rubber dan pasir silika, namun mengalami penurunan setelah penuaan.

    “Semakin lama waktu penuaannya, tahanan permukaan semakin menurun,”imbuhnya.

    Sementara itu bahan RTV23 mengalami penurunan tahanan permukaan paling kecil. Hasil foto SEM menunjukkan bahwa pada bahan RTV23 diperoleh keretakan mikro yang tidak signifikan (Humas UGM/Satria)

    Sumber: https://ugm.ac.id/id/berita/10304-raih.doktor.usai.teliti.resin.epoksi