Topik yang akan kita bahas kali ini tentang salah satu bahan bangunan yang penting, sering di dengar namun banyak orang tidak tahu fungsi dan bentuknya. Besi beton memang bukan hal baru lagi, kebutuhan bahan ini dalam pembangunan sudah tidak dapat dipisahkan layaknya pasir, semen dan kebutuhan pokok lainnya.

Namun sudahkah para pembaca tahu apa itu besi beton, jenis jenisnya dan berapa harganya. Kali ini kita akan mengulas secara lengkap informasi tentang besi beton terbaru.

Informasi Seputar Besi Beton di Palembang

Saat ini membangun rumah modern memerlukan suatu perencanaan agar rumah dapat berdiri kokoh sesuai dengan apa yang direncanakan dengan biaya murah dan selesai pada waktunya. Dengan beberapa perhitungan sebelum merencanakan pembangunan rumah kita harus memperhitungkan biaya yang digunakan, model rumah yang diinginkan serta komponen bahan bangunan yang akan disiapkan dalam membangun rumah impian. Besi Beton adalah besi yang digunakan untuk proses penulangan konstruksi beton. Besi beton merupakan gabungan dari beton dan besi tulangan yang dipakai bersamaan.

Harga besi beton ini tergantung pada diameter dan panjang batangnya. Tiap merk besi beton pun juga mempengaruhi harga apalagi merk besi beton yang berstandart SNI, harganya pasti lebih mahal Karena kualitasnya lebih bagus dari biasanya. Ukuran besi tentu berbeda beda, sudah tahukah anda ukuran SNI untuk besi beton? Simak ulasan pada topik berikut ini.

Panjang, Ukuran dan Berat Besi Beton

Berdasarkan hasil penelusuran, besi beton memiliki beberapa ukuran yang sudah diakui dan sesuai dengan standart nasional indonesia (SNI). Berikut daftar ukuran besi beton SNI. Diamter : 6mm, 8mm, 10mm, 12 mm, 13mm, 16mm, 19mm, 22mm, 25mm dan 32mm

Patokan standart berat besi beton dengan toleransi 0.01 mm sampai 0.02 mm. Jika toleransi diatas 0.08 mm berarti besi beton tersebut merupakan besi beton banci. Besi beton banci adalah besi beton yang memiliki kualitas dan spesifikasi yang tidak sesuai dengan kriteria SNI, biasanya besi beton banci memiliki harga yang murah Karena memiliki kualitas yang rendah dari besi beton normal.

Besi beton memiliki berbagai ukuran dan diameter yang biasanya dikenal dengan toleransi. Toleransi merupakan selisih ukuran pada diameter berdasarkan satuan mili meter yang biasanya berdiameter 0.1 sampai 0.2mm.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Membangun Rumah

Untuk menghitung kebutuhan besi yang akan digunakan untuk membangun sebuah rumah terdapat berbagai macam cara untuk menghitung. Seperti menghitung menggunakan software computer atau menghitung secara manual dengan cara membuat bestat.

  1. Ikuti tiap langkah agar anda dapat memperkirakan kebutuhan besi dengan tepat.
  2. Buat denah rumah, untuk memperkirakan luas dan kebutuhan besi anda.
  3. Perkirakan jumlah sloof yang dibutuhkan.
  4. Hitung jumlah tulangan pokok dibutuhkan. Rumus perhitungan : Jumlah Besi X Panjang Sloof + Panjang Sambungan
  5. Perkirakan jumlah begel yang dibutuhkan. Rumus perhitungannya : Total sloof / jarak pemasangan sloof.
  6. Hitung panjang satu begel.
  7. Setelah didapatkan panjangnya, hitung perkiraan jumlah begel dibutuhkan. Rumus perhitungannya : Jumlah Begel X Panjang Sebuah Begel
  8. Hitung kebutuhan besi yang dibutuhkan. Rumus perhitungannya : Panjang total besi / panjang satu batang besi.

Ukuran Besi Beton untuk Rumah 2 Lantai & 3 Lantai

Sebelumnya kita sempat singgung bahwa besi beton memiliki ukuran diameter yang berbeda beda, mulai dari 6mm sampai 32 mm. Setiap ukuran memiliki daya tahan menerima tekanan yang berbeda beda, maka tidak heran bila dipergunakan untuk rumah 2 lantai atau 3 lantai ukuran besi betonnya pun akan berbeda.

Umumnya untuk rumah 2 lantai ukuran besi beton yang digunakan adalah besi tulangan kolom 6bh D 12, dengan begel D8 jaraknya 200mm. Bagaimana dengan baloknya? Tentu sangat disarankan untuk menggunakan besi tulangan pokok 6D12, dan juga menggunakan besi begel D8 jarak 200. Kita asumsikan tanah dan angin di tempat anda membangun normal, maka untuk rumah 2 lantai dapat menggunakan besi beton ukuran 12mm. Bagaimana dengan 3 lantai? Bisa anda pertimbangkan menggunakan ukuran 13 atau 16 mm.

Daftar Harga Besi Beton Krakatau Steel

Salah satu jenis besi beton yang tidak pernah sepi peminat adalah Krakatau Steel atau biasa juga disebut dengan istilah beton KS. Besi beton krakatau steel adalah salah satu produk dari BUMN PT.Krakatau Steel. Tentu bukan tanpa alasan mengapa produk ini begitu digemari. Jenis krakatau steel memang terkenal dengan kualitas yang handal dan teruji. Salah satu alasan yang menjadikannya handal adalah bahan bakunya yang dari biji besi langsung, sehingga memiliki kekokohan yang lebih dibandingkan dengan brand produk lain.

Bila anda ingin mengetahuii daftar harga besi beton krakatau steel terbaru dari penjual resmi, dan kualitas terbaik pastikan untuk mengunjungi situs pramanadwijaya.com. Dapatkan informasi dan penawaran harga terbaik untuk banyak jenis besi beton berkualitas.

Daftar Harga Besi Beton Per Batang di Surabaya

Besi beton memang dapat dibeli per batang atau satuan. Umumnya membeli besi beton per batang akan lebih mahal dibanding membeli dalam jumlah banyak sekaligus.

Harga besi beton per batang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti merk yang di inginkan, ukuran diameter besi dan juga panjangnya. Umumnya faktor paling berpengaruh memang ukuran dan merk. Semakin besar ukuran besinya maka semakin mahal harganya.

Bila anda tertarik untuk mengetahuii daftar harga besi beton per batang dapat menyimak pada situs yang kami referensikan di atas.

Harga Besi Beton Per Kg Hari Ini di Palembang

Distributor jual besi beton murah

Memang besi beton tidak hanay dijual per batang, selain membeli dalam jumlah besar ternyata kita juga dapat membeli besi beton per Kg nya. Manakah yang lebih mahal? Tentu tidak dapat dipastikan karena hampir setiap penjual menerapkan cara dan perhitungan yang berbeda. Harga besi beton per Kg hari ini memang tergolong stabil. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana harga fluktuatif dan kerap kali naik.

Harga Besi Beton Hari Ini di Palembang

Seperti yang saya ulas sebelumnya bahwa harga besi beton hari ini khususnya saat saat ini memang lebih stabil. Tahukah anda apa penyebabnya? Usut punya usut ternyata hal ini dikarenakan semakin tingginya persaingan penjualan besi beton di luar sana. Besi beton memang sudah tidak dapat dipisahakan dalam pembangunan, tentu untuk para pengusaha diluar sana ini adalah pasar yang menggiurkan. Sehingga bila anda cukup cermat, semakin banyak pabrik dan perusahaan pembuat besi beton di dirikan. Semakin banyaknya pabrik baru tentunya membuat persaingan semakin ketat sehingga untuk menjual produk besi beton mereka persaingan harga termurah lah yang di sodorkan. Hal ini lah yang membuat harga besi beton hari ini stabil dan dapat digolongkan masih murah.

Tentu artikel ini tidak akan dapat mencakup semua informasi seputar besi beton, bila dirasa anda membutuhkan informasi yang lebih detail dan juga rekomendasi penjual besi beton terpercaya dengan harga dan kualitas terbaik maka kami sangat sarankan untuk mengunjungi pramanadwijaya.com. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk kita semua.